Selasa, 01 November 2016

Mengenal Divisi Parkir

Divisi Parkir CER didirikan sejak 27 Mei 2016, sebagai antisipasi karena CER tidak menerima income apapun dari pengelola lama mis parking dan buruknya penataan perparkiran dengan berbagai komplain warga tentang perparkiran dan ganti rugi atas kecelakaan parkir.

Setelah berjalan beberapa bulan, divisi parkir sekarang beranggotakan 19 orang, yang dipimpin Chief nya Fahry Marwi, terdiri dari 1 Chief, 1 supervisor, 1 orang admin, 3 shift leader, 4 kasir (1 kasir kepala dan 3 kasir reguler), serta 9 orang attendant. Shift leader dan attendant memakai shift 12 jam, serta kasir shift 8 jam. Jadi ada 3 regu, dengan masa kerja 4 hari dan 2 hari libur/off, sama dengan pengaturan shift kerja divisi security kita (08.00-20.00 dan 20.00-08.00).  Hal ini disesuaikan dengan peraturan ketenaga-kerjaan yang berlaku.

Konsep One Team yang dianut oleh BP dengan motto SATU (Sigap, Akrab, Tangguh, Ulet) merupakan suatu konsep yang diterapkan dari hasil analisa ketika melakukan pendampingan selama Februari dan Maret 2016.
Ketika itu, SDM yang ada berjumlah hampir 2x lipat sekarang dengan biaya gaji keseluruhan meliputi sekitar Rp.350jt dengan pola outsourcing yang sangat boros dan rawan KKN sehingga merugikan keuangan warga. Pola kerja tanpa koordinasi dan terputus antar divisi itu yang kami usahakan untuk terus diperbaiki dengan konsep One Team.

Mengapa Divisi Security dan HK membantu parkir? Ibarat Divisi Parkir sebagai adik bungsu, dibantu oleh kakak kandungnya sendiri, bahkan penataan ruangan dengan menggunakan konsep one space for all division. Dimana semua chief ada dalam 1 ruangan kerja, sehingga mrk bisa setiap saat melakukan koordinasi tanpa dibatasi waktu dan tempat. Juga kita buat Whatsapp group one team. Dimana seluruh divisi masuk di dalam Whatsapp Group tersebut sehingga komunikasi 24/7 lancar dan warga dapat berpartisipasi serta dilayani dalam group ini. Demikianlah yang terjadi sekarang, semua menyatu melayani warga dan berkontribusi untuk kesejahteraan warga. One Team, One Vision, One Goal.

Untuk sekarang, tim parkir dibantu oleh 6 (enam) anggota Security untuk parkir mobil, serta 5 (lima) anggota HK untuk parkir motor, sehingga 1 shift parkir, berkekuatan 12 orang dalam 1 shift pagi dan 14 orang dalam shift malam. Jadi ada tambahan untuk kesejahteraan karyawan atas tambahan tugas mengawasi parkir yang erat hubungannya dengan keamanan dan ketertiban.

Setelah beberapa bulan berjalan, pemasukan total sampai akhir bulan Oktober yang telah disumbangkan oleh divisi parkir ke kas warga adalah sebesar:

1. Juli: Rp.37.576.000,-
2. Agustus: Rp.40.458.500,-
3. September: Rp.39.561.500,-
4. Oktober: Rp.35.432.500,-
5. Total: Rp.153.028.500,-

Jauh lebih besar dari penerimaan mis parking selama ini yaitu, Rp.13jt/bulan (dibagi 2 masing-masing Rp.6.5jt untuk pengelola dan PPPSRS-CER 2013-2016) yang sampai sekarang tidak dan belum dibayarkan sejak Maret, April dan Mei ke kas warga.

Penghasilan parkir ini bersih di setor ke kas PPPSRS CER setelah dipotong biaya Gaji, pajak parkir Pemda DKI (20%), pengadaan alat, karcis serta kartu dll. Tidak ada Fee yang dikeluarkan ke perusahaan yang dipakai benderanya, sehingga benar-benar keuntungan divisi parkir menopang keuangan PPPSRS CER yang belum punya other income lain yang signifikan, untuk mendukung biaya operasional serta pemeliharaan yang cukup besar dan hanya mengandalkan IPL. Bahkan alat pakir menjadi milik warga CER dan telah dilunasi pada bulan ke-2 operasional.

Memang masih banyak permasalahan di lapangan yang belum diselesaikan, tetapi dengan kebijakan PPPSRS yang mengeluarkan payung hukum sebagai dasar BP menegakkan disiplin di lapangan, yang akan mulai berlaku penuh 20 November 2016, kami yakin perparkiran di CER akan lebih baik.
Patut diperhatikan juga bahwa baya parkir kita termasuk paling murah, dan sesuai amanat PPPSRS untuk tidak menaikkan biaya parkir sampai penataan parkir lebih baik, tetap kami laksanakan dengan memakai tarif lama. Sebagai tambahan informasi, tarif parkir oleh pengelola lama terhitung April 2016 akan dinaikkan, sesuai kontrak mereka dengan Binakarya.

Demikianlah sekilas informasi untuk mengenal divisi parkir sebagai adik bungsu seluruh divisi di CER yang selalu siap melayani warga dan membuat parkir menjadi semakin aman dan nyaman bagi warga dan tahu Rusunami CER, serta membantu keuangan warga sehingga pemeliharaan dan perbaikan fasum fasos berjalan lancar..

Badan Pengelola Rusunami CER
Salam CER1a